• Wed, Mar 2025

PLN UID Riau dan Kepri Pastikan Pasokan Listrik Aman Sambut Ramadan dan Idul Fitri 1446 H

PLN UID Riau dan Kepri Pastikan Pasokan Listrik Aman Sambut Ramadan dan Idul Fitri 1446 H

Pasokan listrik dalam kondisi aman dengan cadangan daya yang cukup untuk menghadapi peningkatan konsumsi selama bulan suci Ramadan.


PEKANBARU | SERANTAUMEDIA - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Riau dan Kepulauan Riau memastikan kesiapan pasokan listrik di seluruh wilayah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1446 H.

Langkah ini ditandai dengan digelarnya Apel Siaga Kelistrikan di halaman kantor PLN UID Riau dan Kepri pada Kamis (27/2/2025).

General Manager PLN UID Riau & Kepulauan Riau, Tonny Bellamy, menegaskan bahwa pasokan listrik dalam kondisi aman dengan cadangan daya yang cukup untuk menghadapi peningkatan konsumsi selama bulan suci Ramadan.

"Saat ini, beban puncak di Provinsi Riau mencapai 1.288 mega watt (MW) dengan daya mampu sebesar 1.524 MW, sehingga terdapat cadangan daya sebesar 236 MW," kata Tonny.

"Sedangkan di Provinsi Kepulauan Riau, yang didukung sistem kelistrikan Batam–Bintan, beban puncaknya mencapai 162 MW dengan daya mampu sebesar 211 MW, sehingga terdapat surplus daya sebesar 49 MW," sambungnya.

Untuk memastikan kelancaran pasokan listrik selama Ramadan dan Idul Fitri, PLN telah menyiapkan 34 posko siaga kelistrikan dan 1.518 personel yang dilengkapi dengan peralatan lengkap.

"Setiap hari, kami akan melakukan check point untuk memastikan kesiapan pasokan listrik. Seluruh petugas PLN fokus mengamankan kelistrikan agar masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan nyaman," tuturnya.

Selain itu, PLN juga mengerahkan berbagai armada pendukung, antara lain:

- 54 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)
- 129 unit mobil operasional
- 118 unit sepeda motor
- 9 crane
- 12 unit Uninterruptible Power Supply (UPS)
- 47 genset mobile
- 26 unit gardu bergerak (UGB).

"Semua peralatan ini telah disiagakan di 84 lokasi prioritas di Riau dan Kepri untuk memastikan keandalan listrik selama Ramadan," tambahnya.

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan, PLN juga mengajak pelanggan untuk memanfaatkan Aplikasi PLN Mobile dalam melaporkan gangguan listrik atau mengakses layanan lainnya.

"PLN sudah mengintegrasikan Aplikasi PLN Mobile dengan Virtual Command Center (VCC) yang memungkinkan kami merespons cepat setiap keluhan pelanggan secara real-time dan transparan," jelas Tonny.

Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat dengan mudah melakukan pembelian token, pembayaran rekening listrik, pasang baru, tambah daya, dan layanan lainnya yang tersedia di Play Store dan App Store.